Waspadai Kolesterol


Kolesterol merupakan sebuah kata yang selalu ditakuti oleh semua orang kususnya wanita yang ingin bentuk tubuh yang indah sehingga banyak sekali ditawarkan obat-obat penurun kolesterol, suplemen yang menghilangkan kolesterol, vitamin dan zat-zat yang dapat mempertahankan agar tubuh tetap langsing. 

Kata kolesterol  sering diasumsikan dengan hal-hal seputar makanan yang lezat, seperti kue-kue yang dilapisi gula, coklat atau susu/keju, daging dsb. Kolesterol diasosiasikan sebagai lemak yang akan membuat tubuh menjadi gemuk, besar dan melebar sehingga cenderung dikenal dengan sesuatu yang negative.

Apa sih kolesterol itu?
Secara klinis ada 3 jenis lemak yaitu: kolesterol, trigliserida dan fosfolipid.  Kolesterol merupakan komponen utama pada struktur selaput sel otak dan saraf. Kolesterol merupakan bahan perantara untuk pembentukan sejumlah komponen penting seperti vitamin D, hormon estrogen dan testosterone serta asam empedu. 


Pembentukan kolesterol dalam tubuh terutama terjadi di hati (50% total sintesis) dan sisanya di usus, kulit dan jaringan yang mempunyai sel-sel berinti. Sementara kolesterol itu sendiri diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi koleterol bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang  tinggi lemak dan sumber kolesterol seperti  makanan berminyak, bersantan, makanan fast food, alcohol dan gula berlebihan. Tingginya kadar kolesterol dapat memicu berbagai penyakit. Bila terjadi kelebihan kolesterol maka akan ditimbun oleh tubuh dalam pembuluh darah yang dapat menimbulkan aterosklerosis yaitu suatu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah arteri. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. 


kelebihan kolesterol ini disebut hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol tinggi dalam darah, dapat menyebabkan hipertiroid, kerusakan pada hati, penyakit ginjal, anorexia nervosa (tidak mau makan) serta penyakit jantung koroner dan stroke.
Sedangkan untuk kekurangan kolesterol disebut hipokolesterolemia, keadaan ini menyebabkan malnutrisi. penyakit yang ditimbulkanya adalah myeloproliferasi (penyakit yang berkaitan dengan sumsum tulang), penyakit infeksi yang kronis, kekurangan daya tahan tubuh bahkan dapat memudahkan tubuh terinfeksi penyakit tuberkulosis.

Kolesterol memang diperlukan oleh tubuh tapi jika kita tidak mengaturnya dengan baik maka akan merugikan untuk diri kita sendiri. Oleh karena itu sayangi diri anda sekarang juga dengan cara mengatur pola hidup yang baik jangan sampai terkena penyakit yang disebutkan diatas.

0