Sebuah Catatan Kecil Perjalanan Hidupku

Lorem Ipsum

Rabu, 13 Maret 2013

COMRO



Comro adalah singkatan dari oncom dijero atau dalam bahasa Indonesia Oncom di dalam. Comro ini merupakan makanan tradisional yang berasal dari sunda. Mungkin dari namya juga sudah kelihatan ”Oncom dijero” dan masih banyak lagi makanan-makanan tradisional lainya dengan cara singkatan seperti ini, seperti Cireng (aci digoreng), misro(amis dijero) dll. Mungkin inilah ciri khas  orang sunda dalam memberi nama makanan. Comro ini terbuat dari singkong dengan isian oncom.
Comro ini merupakan salah satu makanan kesukaan saya hehe.. karena rasanya itu benar-benar enak, apa lagi kalau di makan panas-panas dengan suasana yang dingin di tambah sensasi oncomnya yang pedas.. emm mantap. Comro ini banyak ditemukan di tukang gorengan tapi mungkin lebih bagus kita sendiri yang membuatnya karena rasanya agak sedikit berbeda dan kurang puas hehe.. karena jika ditukang gorengan ukuranya kecil kurang berasa oncomnya. hehe..

Cara membuatan comro ini pun sangat mudah sekali, sbb:
Bahan utama: 
- 1 kg singkong parut 
- ½ butir kelapa parut 
- 1 sdt garam 

Bahan untuk isian: 
- 4 buah bawang merah dihaluskan 
- 2 siung bawang putih dihaluskan 
- 1 mangkok kecil tempe bungkil (oncom), potong kecil-kecil seperti dadu 
- cabai rawit sesuai selera 
- 3 batang daun bawang dirajang tipis 
- 3 batang daun seledri dirajang tipis

 Bumbu: 
- Garam - Merica 
- Kecap manis 
- Gula secukupnya (penggati MSG) 

Cara membuat
- Adonan utama: campurkan singkong parut, kelapa parut, garam, dan gula. Aduk sampai tercampur rata seperti adonan. 
- Adonan isi: tumis bawang merah dan bawang putih sampai setengah matang. Tambahkan oncom, garam, merica, kecap manis, penyedap masakan, cabai rawit, daun bawang dan seledri. Tumis sampai semua matang. 
- Ambil adonan utama sebesar bola pingpong, pipihkan dan isi dengan adonan isi. - Bentuk bulat atau lonjong, lalu goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan atau matang. - Sajikan dipiring saji selagi hangat, bisa dipadukan dengan saus tomat.
Posting Komentar