Sebuah Catatan Kecil Perjalanan Hidupku

Lorem Ipsum

Kamis, 24 November 2011

CEMBURU

Cemburu memang wajar-wajar saja tapi bila terus berkepanjangan itu akan semakin menyulitkan diri kita untuk keluar dari masalah itu dan akan merembet ke masalah hati yang lainya.
RASA cemburu merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa CEMAS.
Cemburu merupakan problem kejiwaan pertama diantara problem kejiwaan lainya. Orang yang ditimpa rasa cemburu akan sangat menyulitkan dirinya karena kadang kecemburuan itu akan mendorong seseorang untuk memiliki perilaku untuk merusak.

Rasa cemburu terkadang mengganggu kehidupan seseorang. Hal ini bisa terjadi pada diri anda sendiri, misalnya ketika anda mengatakan " mengapa orang yang aku cintai tidak mencintaiku seperti aku mencintainya?" atau "mengapa orang yang aku sayangi lebih memperhatikan orang lain dari pada aku?"

RASA CEMBURU SEPERTI ITU TIDAK DITERIMA SAMA SEKALI!! ya memang cemburu itu wajar tapi jika berlebihan itu akan merusak diri kita karena cemburu yang berlebihan datangnya dari syetan, bahkan dari rasa cemburu yang berlebihan itu bisa menimbulkan kematian. saya pernah membaca suatu buku (mohon maaf tidak bisa menyebutkan judul bukunya di karenakan saya sudah lupa ^_^ )
Begini ceritanya, ada dua orang mahasiswi mereka sahabatan sudah lama yang satu bernama Silvi dan yang satunya lagi Mega. Silvi ini sangat cerdas dan selalu menjadi bintang di kampusnya sedangkan Mega adalah anak yang biasa-biasa saja. Pada suatu hari ada seorang cowo yang menyukai Silvi dia bernama Hilman, Hilaman adalah seoarang aktivis di kampusnya bahkan dia adalah seorang demonstran. Silvi menolaknya karena dia tidak mau pacaran sama seorang demonstran.

Silvi dan mega pun lulus dari perguruan tinggi, tidak lama kemudian Silvi menemukan seorang laki-laki yang ia harapkan dan usianya pun terpaut jauh dari Silvi. tidak lama kemuadian mereka pun menikah. Di sisi lain ternyata Hilman masih mencintai silvi. Lalu dia dekat dengan Mega, sahabat Silvi untuk mengetahui kabar dari Silvi.

Setelah beberapa tahun Mega dan silvi tidak bertemu, mereka kehilangan komunikasi. Tapi setelah beberapa lama Mega mencari akhirnya bertemu juga dengan silvi. Tapi silvi yang sekarang telah berubah, rasanya aku tak mengenali dia lagi, gumam Mega. memang secara penampilan dia kelihatan lebih cantik dan sangat modis tapi matanya kosong. hari ini aku bertemu dengan silvi dan aku tak begitu bertanya banyak tentang dia.
aku kembali jajian akan bertemu lagi sama Silvi. Tiba hari yang di janjikan aku menunggunya hingga 2 jam tapi dia tidak pernah muncul. akhirnya aku memutuskan untuk memastikan kerumahnya, sesampai disana aku bertemu dengan anaknya dengan wajah yang tegang.
"Dimana mamahmu? apa yang terjadi?"
"Dikamar" jawabnya sambil menuntunku
YA ALLAH!!! aku menjerit...
tubuh silvi terkapar dan dipenuhi darah, aku begitu terkejut. Aku buru-buru membawanya kerumah sakit. Dia cuma pingsan tapi kata dokter lukanya sangat parah.
setelah siuman dia menceritakan semua yang terjadi, aku tak percaya cerita semuanya. ternyata yang memukuli Silvi itu adalah suaminya sendiri, dia cemburu karena di sangkanya Silvi akan bertemu dengan Hilman yang ternyata telah menikah dengan Mega. Suaminya tidak percaya meskipun Silvi sudah menceritakanya dan amarah suaminya tidak terkendali, setelah memukuli istrinya dia pergi meninggalkanya.
Aku berurai air mata mendengarnya, setelah itu dia menghembuskan napas terakhirnya. dia meninggalkan seorang anak yang masih kecil tapi sebelum dia meninggal, silvi menitipkan anaknya padaku.
Begitulah cerita karena cemburu yang berlebihan hingga membutakan mata. Suami Silvi tega membunuh istrinya karena dia tidak bisa menahan amarah karena cemburu yang pada akhirnya menyisakan penyesalan.

Ada juga kasus yang lainnya, dia merasa iri karena pasanganya sekali-kali lebih memperhatikan orang lain selain dia padahal setiap hari pasanganya tersebut selalu memperhatikanya, tetapi dia malah cemburu dan merasa pasanganya tidak menghargainya. ini kadang selalu menimbulkan salah paham, karena perhatian seseorang kepada orang lain adalah untuk urusan tertentu antara keduanya atau karena ada alasan lain.
Orang yang menyiksa diri dengan rasa cemburu karena melihat tingkah laku orang yang dicintainya kepada orang lain, hendaknya mengetahui bahwa berfikir dengan cara seperti itu adalah cara berfikir yang salah.b Perhatian orang lain terhadap anda itu adalah urusan orang lain, bukan urusan anda. Ketahuilah ahwa kebahagian anda berasal dari anda. hanya anak-anak kecil yang mengandalkan kebahagiaan dan cinta dari orang lain.

Bebaskan orang lain untuk memilih pergaulanya. Juga bebaskan mereka untuk mencintai orang lain selain anda. Biarkan mereka jauh dari pengaruh anda. Tinggalkan upaya untuk menguasai orang lain. Jangan seperti anak kecil yang bersedih hati karena orang lain lebih memperhatikan  saudara kandungnya dari pada dirinya.



sumber: Membangun positive Thinking secara islam
Posting Komentar