Sebuah Catatan Kecil Perjalanan Hidupku

Lorem Ipsum

Minggu, 09 Oktober 2011

Perawat Islam Pertama

Apakah kalian tau siapa perawat islam pertama?

Banyak perawat-perawat muslim tidak mengenal Rufaidah binti Sa’ad, mereka lebih mengenal tokoh keperawatan yang berasal dari barat yaitu Florence Nighttingale seorang tokoh keperawatan yang berasal dari Inggris. Apabila kita mau menelaah lebih jauh lagi kebelakang sebelum agama islam menyentuh dunia Barat, saat itu dunia barat mengalami masa kegelapan dan kebodohan dikarenakan kebijakan dari pihak gereja yang lebih banyak menguntungkan mereka (gereja), sedangkan di dunia islam(jazirah arab) pada saat ilmu pengetahuan sudah mengalami kemajuan termasuk dalam bidang keperawatan.
Bukan berarti rasul menjadi seorang tabib tapi dalam ajaran Islam yang beliau sampaikan mengandung  ajaran dan nilai2 kesehatan seperti: pentingnya menjaga kebersihan diri ( Personal Hygiene ), menjaga kebersihan makanan, mencuci tangan, ibadah puasa, berwudhu dan lain sebagainya.

Menurut prof Dr Omar Hasan Kasule Sr dalam karya tulis yang dipresentasikan dalam sebuah forum ilmiah di Brunei Darussalam, november 1998 perawat islam pertama adalah Rufaidah binti sa'ad al-bani aslam al-khazraj. Rufaidah lahir di Yathrib dan termasuk kaum anshor (golongan pertama yang masuk islam di madinah).
Rufaidah adalah perawat profesional pertama di masa sejarah islam. pengabdianya sangat besar saat perang badar, uhud dan perang parit. keahlianya di bidang ilmu keperawatan membuat hatinya terpanggil untuk menjadi sukarelawan merawat korban yang terluka akibat perang. rufaidah juga melatih beberapa kelompok wanita untuk menjadikan perawat. kelompok ini berperan penting dalam perang Khaibar. Meraka meminta izin kepada Rasulullah untuk ikut di garis belakang pertempuran serta merawat mujahid yang terluka. Tercatat pula dalam sejarah saat perang parit/khandaq, sa'ad bin ma'adh yang terluka dan tertancap panah di tanganya, lalu dirawat oleh Rufaidah hingga pulih. Momen ini di kenang sebagai awal mula dunia medis dan dunia keperawatan.

Tidak hanya merawat orang sakit atau terluka, dia juga menaruh perhatian pada kegiatan sosial. dalam hal ini, dia memberi layanan kesehatan kepada anak yatim dan penderita gangguan jiwa. dia juga pencetus sekolah keperawatan pertama di dunia Islam. Dalam sejarah islam tercatan beberapa nama yang bekerja bersama Rufaidah, yaitu ummu ammara, aminah binti qays al-gifariyat, ummu ayman, safiyat, ummu sulaiman, dan hindun. dimasa sesudah rufaidah, ada pula beberapa wanita muslim yang terkenal sebagai perawat, diantaranya ku'ayibat, aminah binti abi qays al-gifari, ummu atiyah, al-ansariyat, nusaibat binti ka'ab al-maziniyat, dan Zainab(ahli dalam penyakit bedah mata).

Posting Komentar