Belajar Membuat KLJ

Ternyata seru juga ya ikutan Komunitas Fotograpi, aku belajar banyak hal tentang fotografi termasuk belajar membuat KLJ. KLJ adalah singkatan dari Kamera Lubang Jarum. Membuat kameranya tidak terlalu ribet tapi membutuhkan kesabaran dan keuletan. Alat dan Bahan yang digunakan adalah: karton hitam, teh kotak (kita memakai teh kotak untuk medianya), gunting, solasi, jarum, dsb.... :)
sebagian alat dan bahan yang digunakan dalam membuatan KLJ

inilah hasilnya jreng..jreng....(KLJ hasil buatanku)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Akhirnya jadi juga kameranya (disini tidak dijelaskan cara membuatnya). Setelah itu aku memasuki rungan yang dinamakan ruang gelap yang nantinya akan digunkan untuk nyetak fotonya. Lalu dikamar gelap kita dikasih kertas negativ yang akan dimasukan kedalam teh kotak untuk menagkap gambarnya. Aku mulai menggambil objek pertama dengan kebingungan apa yang harus di foto??hmmm....
ketika aku ng'ekpos objek pertama dengan waktu 5 detik karena cuacanya terang banget dan ini hasilnya...
gelap banget
 
 
 
 
 
 
 
 
 
hasilnya???gimana baguskan?
ternyata kata kang Deni (yang bimbing) itu disebabkan kameranya bocor (ada cahaya yang masuk kedalam kamrenya). Ok setelah itu aku nyoba lagi (pantang menyerah)...Semangat!!
foto ke 2
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 "aku gak bakalan nyerah aku bakalan nyoba lagi".
Ternyata susah juga ya?xixixiixi.....
oh iya setelah ng'ekpos aku masuk ke kamar gelap untuk nyetak foto tersebut, ada 3 cairan yang digunakan untuk nyetak fotonya (lupa bahanya apa-apa saja, yang ke inget cuma air doang heheheh...).  Kita (maksudnya yang ikutan kegiatan ini) di ajarin bagaimana cara nyetak fotonya.
setelah itu aku memperbaiki kameranya agar tidak bocor lagi. 
"mudah-mudahan kali ini bisa" 
dan hasilnya eng..ing..eng...
foto yang ke 3
 
 
 
 
 
 
 
 
 
inilah foto yang ke 3. Ternyata susah juga ya? tapi KLJ ini sangat menarik. cara membuatnya memang gampang tapi harus benar-benar memastikan kalo kameranya tidak bocor dan cara pengambilan objeknya pun harus benar-benar diperhatikan komposisinya, misalnya ketika cuacanya panas pengambilan objeknya dalam waktu 5 detik-ataupun lebih (kurang juga nggak apa-apa mungkin). Atau ketika cuacanya agak mendung pengambilan objeknya dalam waktu 30 detik..(silahkan saja tanya pada yang sudah ahlinya). 

 
  
  • Beberapa Foto Hasil Temanku!!


 
 
 
 
 
 
 
 
Belajar fotografi memang sangat menyenangkan ;)
4